Sabtu, 08 September 2012

Festival Es dan Salju Harbin


Ini adalah foto-foto dari "Harbin International Ice and Snow Festival" yang diadakan setiap tahun di Harbin, ibukota provinsi Heilongjiang di Cina. Festival ini diadakan setiap tanggal 5 Januari dan akan buka sekitar satu bulan, tergantung seberapa lama cuaca memungkinkan.

Kota Harbin adalah kota yang berada di daerah Timur-Laut Cina dekat dengan iklim kutub sehingga di daerah ini tersedia banyak es dan salju alami yang memingkinkan festival ini. Saat ini Harbin dikenal sebagai "kota es" dan menjadi pusat dari seni  es dan salju di cina.

Festival ini mulai diadakan sejak 1985, namun pendahulu festival ini telah ada sejak jaman Dinasti Qing. Pada jaman itu, para nelayan sering membuat lentera dari es dengan memasukkan lilin dalam es cekung buatan untuk melindungi api lilin dari angin yang kencang. Lentera es ini kemudian berkembang menjadi festiva tradisional.  Saat ini lentera es itu telah berkembang menjadi kota megah dengan cahaya warna-warni yang menerangi. 
























Festival ini tidak hanya menjadi acara perayaan tahunan bagi penduduk Harbin, namun telah menjadi ajang pertemuan para ahli dan seniman es dari seluruh dunia. Tiap tahun, mereka berpartisipasi dalam acara ini, memamerkan patung dan segala karya dari es serta ikut dalam berbagai kompetisi yang diadakan. Tiap tahun pula karya-karya dari es terbaik di dunia bisa ditemukan di sini.




1 komentar:

  1. coba di Indonesia ada kayak gini..
    banyak diambil orang, buat jualan es pastinya, hehe..

    http://peniti.org/author/andriepu

    BalasHapus