Sabtu, 15 September 2012

Airbag Pengganti Helm Sepeda


Perkenalkan, ini adalah Hovding, sebuah benda yang berfungsi sebagai pengganti helm sepeda. Hovding berbentuk seperti syal yang didalamnya terdapat airbag yang akan mengembang menjadi semacam tudung untuk melindungi kepala saat terjadi kecelakaan.

Di dalam pelindung kepala ini terdapat sensor yang terdiri dari gyroscope dan accelerometer yang secara konstan memonitor pergerakan. Saat terjadi kecelakaan, helium akan ditembakkan untuk mengembangkan airbag yang akan melindungi kepala dari benturan. Tenaga pelindung kepala ini diisi melalui USB dan akan hidup secara otomatis saat zip dikencangkan. 


Hovding dirancang oleh dua orang Swedia bernama Anna Haupt dan Terese Alstin sebagai proyek untuk tesis mereka. Proyek ini dimulai pada 2005 sebagai respon terhadap peraturan baru yang mengharuskan pengguna sepeda di Swedia untuk memakai helm. Setelah melakukan survey dan menemukan alasan-alasan orang tidak suka menggunakan helm, mereka kemudian berkesimpulan bahwa helm yang baik dan disukai harus tidak terlihat. Lahirlah konsep awal Hovding. Dibutuhkan sekitar tujuh tahun penelitian untuk memahami perilaku pengguna sepeda dan bagaimana melindungi mereka saat terjadi kecelakaan hingga akhirnya jadilah airbag pelindung kepala ini. Penelitian mereka telah membuktikan bahwa penyerapan benturan dari airbag ini lebih besar dari busa polimer pada helm sepeda biasa sehingga mereka akhirnya bisa mendapatkan sertifikat untuk menjual Hovding sebagai pengganti helm.


Selain untuk melindungi pengguna dari benturan, tujuan Hovding adalah untuk melindungi pengguna dari penampilan yang buruk. Untuk itu, permukaannya dirancang untuk bisa diganti-ganti sesuai dengan selera dan cuaca. Para pembuatnya juga memiliki rencana untuk menghadirkan desain-desain baru dan berkolaborasi dengan merek produk fashion maupun produk-produk sepeda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar