Sabtu, 01 September 2012

Alat Pengatur Mimpi


Semakin lama, apa yang ada dalam film-film fiksi ilmiah yang kita tonton semakin menjadi fakta. Salah satunya adalah apa yang ada dalam film Inception tentang bagaimana seseorang bisa mengatur mimpi. Langkah pertama untuk bisa mengatur mimpi adalah menyadari bahwa kita sedang bermimpi tanpa terbangun. Inilah yang dilakukan oleh Remee, sebuah sleeping mask (penutup mata untuk tidur) yang dikembangkan oleh Bitbanger Labs. Remee memberikan sinyal pada otak bahwa itu adalah mimpi agar pengguna lebih mudah masuk dalam lucid dreaming.



Lucid dreaming adalah fase dimana kita sadar bahwa kita sedang bermimpi, sehingga kita bisa mengandalikannya. Untuk bisa merasakan lucid dreaming tidak mudah, membutuhkan latihan untuk bisa mendapatkan fase tersebut dalam tidur. Siklus tidur kita dibagi dalam dua tahap yang bergantian selama kita tidur, yaitu fase Rapid Eye Movement (REM) di mana mimpi terjadi dan fase non-REM. Alat ini memiliki enam lampu LED merah yang bekerja saat pengguna berada dalam tidur REM yang paling dalam, tentunya tanpa membangunkan pengguna. Ini mempermudah pengguna untuk masuk dalam lucid dream. Rangkaian lampu LED tersebut bisa diprogram sendiri untuk menghasilkan urutan dan interval yang sesuai dengan pengguna.




Apakah alat ini akan berhasil memasukkan pengguna dalam mimpi yang bisa dikendalikannya ? Pembuat alat tersebut belum bisa berjanji. Namun sebagai ide awal yang akan mengantarkan manusia ke alam tanpa batas, alat ini cukup menjanjikan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar