Jumat, 31 Agustus 2012

Mobil Bertenaga Angin


Perusahaan mobil India, Tata, telah membuat prototip mobil yang berjalan dengan tenaga angin. Mobil ini diharapkan bisa diproduksi secara komersil. Sebelumnya mobil dengan tenaga angin yang dikompresi seperti ini terbukti sulit diproduksi untuk kebutuhan pasar mobil. Teknologi ini sebenarnya telah dikembangkan untuk beberapa lama namun belum ada perusahaan yang merilis untuk dijual.


Dengan lisensi teknologi dari MDI Luxemburg, mobil yang diberi nama Airpod ini bisa melaju hingga kecepatan 70 km/jam. Airpod menampung 3 orang penumpang dengan susunan tempat duduk yang sangat berbeda dari mobil biasa.

Mobil mini ini bergerak dengan tenaga angin dikompresi yang bisa diisi dari tempat pengisisan angin maupun mengisi sendiri saat mobil berjalan dengan bantuan mesin listrik. Mobil ini juga bisa menyimpan tenaga dari pengereman, seperti pada mobil-mobil hybrid yang ada sekarang.






Setelah mengembangkan teknologi ini selama beberapa tahun, akhirnya pada awal 2007 MDI menandatangani kontrak lisensi dengan Tata dan konsep mobil awal diperkenalkan pada akhir 2011. Pada Mei lalu, konsep mesin berhasil diuji coba pada dua mobil Tata sehingga memungkinkan Tata dan MDI untuk meneruskan pada tahap selanjutnya, yaitu mencari cara bagaimana mobil ini benar-benar bisa menjadi produk komersil yang bisa bertahan di pasar mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar