Senin, 06 Agustus 2012

Gua Terbesar Di Dunia


Menakjubkan bahwa masih ada tempat-tempat seperti ini masih di luar sana yang menunggu untuk dieksplorasi. Sebuah tim caving Inggris baru-baru ini telah mengeksplorasi gua terbesar di dunia yang berada di jantung hutan Vietnam.


Disebut Hang Son Doong, gua ini diyakini hampir dua kali ukuran pemegang rekor saat ini. Hang Son Doong telah menggeser gua Rusa di Malaysia untuk menjadi gua terbesar di dunia. 





"Ini adalah sebuah gua berukuran benar-benar menakjubkan dan salah satu penemuan paling signifikan oleh tim caving Inggris," kata Adam Spillane, anggota tim ekspedisi 13-orang.

Menggunakan perangkat laser pengukuran yang dikenal sebagai, LaserRace 300 yang mengukur tinggi dan lebar, tim sekarang kembali di Inggris menganalisis bacaan mereka.




Gua ini awalnya ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang pria hutan Vietnam yang bernama Ho Khanh. Namun Spillane mengatakan bahwa tidak ada yang memasuki gua ini sebelumnya karena gua ini memancarkan suara bising dan angin yang mengerikan yang disebabkan oleh adanya sungai bawah tanah besar.

Mereka menghabiskan lima hari menjelajahi gua Nha-Ke Bang Phong Vietnam 

Mereka menghabiskan lima hari menjelajahi gua di Taman Nasional Nha-Ke Bang Phong Vietnam tersebut  pada pertengahan April.



Saat ini bagian yang ditemukan baru 6.5km panjangnya karena terdapat tembok calcite setinggi 45m yang menghalangi eksplorasi leboh jauh. Namun dipercaya gua ini besarnya dua kali pemegang rekor saat ini.






Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar