Rabu, 22 Agustus 2012

Arsitektur di Ujung Tebing


Ini adalah sebuah situs turis di Aurland, Norwegia yang didesain oleh Todd Saunders dan Tommie Wilhelmsen dari Saunders Architecture. Rancangan arsitektur yang berbentuk seperti jembatan di atas tebing ini ditujukan agar pengunjung bisa merasakan ketegangan melihat pemandangan ke bawah dari ujung tebing namun tetap aman.



'Alam dahulu, baru arsitektur' adalah prinsip pembuatan situs ini. Tujuan utamanya adalah mengoptimalkan pengalaman pengunjung dengan alam sekitar. Walaupun bentuk yang ekspresif terlihat dari desain situs ini, namun secara keseluruhan konsep minimalis dipertahankan agar atmosfer alam yang luar biasa ditempat tersebut tidak dirusak dengan memasukkan terlalu banyak elemen. Situs ini dibangun untuk melengkapi alam sekitarnya.


Desainnya yang berbentuk seperti jembatan lurus kemudian melengkung ke bawah dijungnya, membawa pengunjung seakan ikut merasakan akan terbawa jatuh kebawah. Namun pengunjung tetap aman dengan pagar kaca diujung jembatan yang juga bengfungsi untuk tidak menghalangi pemandangan ke bawah tebing.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar